RSS Feed

Tuesday, October 4, 2011

Istilah dalam Dunia Blog dan Internet

istilah dunia blog dan internet
Beberapa istilah dalam dunia blog dan internet, mungkin para sobat membutuhkannya. Sekedar sharing, juga sebagai catatan buat saya. Karena terkadang saya sendiri lupa dengan istilah-istilah yang familier di telinga namun tidak tahu akan pengertiannya. Berikut beberapa istilah tersebut :

1. Web : istilah yang sebenarnya adalah World Wide Web (WWW). pada saat ini lebih dikenal dengan istilah Web. Merupakan suatu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke Internet.
2. Internet : Dalam perkembangannya menjadi sangat identik dengan web. Merupakan jaringan komputer yang terkoneksi secara terpadu dalam suatu bentuk jaringan dalam lingkup dunia (di analogikan sebagai the web atau jaring laba-laba yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan). Internet merupakan sebuah jaringan independen tanpa pembatasan dari segala sisi keberbedaan.
3. email : Surat elektronik yang menggunakan internet sebagai media pengiriman.
4. Browser atau browser web : Software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server atau server web.
5. Web Pages atau halaman-halaman web : Dokumen informasi web.
6. Web Page : file-file yang disimpan dalam komputer (server-server web/web servers).
7. Web Client : komputer-komputer pembaca web page.
8. Web Server atau Server web : komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dolumen web untuk melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
9. URL (Universal Resource Locator) : lokasi file di dalam web. Didalamya memuat directory, nama file dan nama mesinnya dan beberapa yang lain. Catatan : Ada beberapa macam URL.
10. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) : Biasa digunakan untuk melayani dokumen hypertext.
11. Blog : website pribadi yang didalamnya berisi dokumen yang dituliskan secara berkala/rutin yang memuat dokument-dokumen pribadi atau umum dan bersifat terbuka sehingga pembaca blog bisa untuk memberikan komentar atas dokumen yang diterbitkan. Dokument blog dapat berupa tulisan/tekt, gambar atau video.
12. Blogger : pemilik blog atau orang yang aktif beraktivitas di dunia blog dengan membuat dan menerbitkan dokumen sebagai sebuah posting.
13. Blogging : aktivitas yang dilakukan blogger di dalam blog yang dikelola.
14. Photo blogging : Blog yang fokus di bidang gambar/photo.
15. Blogosphere : istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.
16. Blogroll : merupakan kumpulan link-link blog lain yang terkoneksi/hubungan erat.
17. Blogwalking : adalah kegiatan bertandang ke blog lain dengan tujuan tertentu.
18. Blogger/Blogspot : Layanan blog gratis dari google.
19. Wordpress : Salah satu layanan blog gratis yang lain di luar google.
20. Blogebrity : blogger terkenal dan biasanya menjadi idola dan panutan.
21. Problogger : Blogger profesional. Blogging menjadi pekerjaan sebagai sumber penghasilan.
22. Blogoholic : Orang yang gila blog atau pecandu blog.
23. Surfing : Kegiatan mencari dan menelusuri internet untuk mendapatkan informasi menggunakan layanan informasi web.
24. Surfer : Pelaku surfing.
25. Blogvertising atau blogvert : iklan-iklan yang ada di blog.
26. Blognoscenti : blogger yang memiliki kemampuan yang spesial.
27. Blogstar : blog yang sangat populer dan jadi primadona.
28. Posting : aktivitas blogger membuat dan menerbitkan dokumen blog.
29. Permalink atau permanent link : link sebuah posting blog.
30. SEO (Search Engine Optimization) : yaitu suatu teknik yang digunakan untuk meningkatkan posisi blog di dalam pencarian sebuah search engine.
31.  Template : Desain blog. Desain blog dibuat dalam bentuk bahasa HTML yang di awali dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag </html> . Ada 4 bagian utama template, yaitu : Header, sidebar, main dan footer.
32. Header : bagian teratas (top) dari sebuah template. Header biasanya berisikan nama blog, dan deskripsi blog. Meskipun demikian dapat juga ditampilkan gambar, baik dalam bentuk gambar statis ataupun gambar bergerak.
33. Main (main-wraper): bagian utama sebuah blog dengan posisi ditengah. Bagian ini di desain untuk dipergunakan sebagai ruang posting blog dan kolom komentar. Dalam penggunaanya bisa dimanfaatkan untuk menampilkan teks gambar dan video.
34. Sidebar (sidebar-wrapper) : Sesuai dengan namanya (sidebar), posisi bar ini berada di sisi kanan atau sisi kiri dan bahkan bisa di kedua-duanya. Sisi kanan dan sisi kiri. Desain sidebar umumnya diperuntukkan sebagai tempat label (kategori), arsip (archive) dan kolom untuk profil ringkas pemilik blog. Meskipun demikian dalam perkembangan selanjutnya, melalui pemanfaatan KODE HTML/javascript, pada sidebar juga bisa ditambahkan fungsi-fungsi yang lain seperti gambar, blogroll, iklan dan banyak lagi yang lain.
35. Footer (pengikut): bagian template ujung paling bawah (bottom). Berfungsi untuk tempat menampilan hal yang berkaitan dengan pembuat/designer template.
36. Arsip (archive) : kumpulan dokumen posting dalam bentuk judul posting yang dilengkapi dengan link posting. Pengelompokan arsip bisa dilakukan berdasarkan tanggal/hari, minggu, bulan atau tahun.
37. Label (kategori) : Kumpulan data posting yang dikelompokkan berdasarkan jenis/fungsi. Pemakaian label sangat variatif karena ditentukan oleh pemilik blog. Bisa terjadi penggunaan nama label yang berbeda dipergunakan untuk materi yang sama. Umumnya label di letakkan pada sisi sidebar sebuah blog.
38. Bookmark : tempat untuk menyimpan link/URL situs. Biasanya dipergunakan khusus untuk situs-situs yang paling sering diikuti/favorit.
39. Feed : sindikasi yang mempermudah pembaca blog untuk membaca blog melalui reader.
40. Podcasting : metode untuk mendistribusikan file multimedia (video/audio) secara online melalui feeds.
41. Atom: Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
42. Elemen : istilah bagi komponen dasar pembentuk dokumen HTML, seperti head, body, table, paragraf dan list.
43. Tag : sesuatu yang dipergunakan untuk menandai berbagai elemen dalam dokumen HTML. Tag HTML menggunakan tanda < (kurung buka) dan > (kurung tutup) dan umumnya tag digunakan secara berpasangan. Misal :<td> dan </td>
44. Atribut : KODE yang dipergunakan untuk melengkapi sebuah tag sehingga mempunyai fungsi secara detail. Contoh :
- tag tanpa atribut : <table>
- tag dengan atribut : <table bgcolor="red">
45. Title : merupakan tag dalam head yang harus dituliskan untuk tempat memberikan judul blog atau nama blog (dapat juga berarti judul).
46. Head : tag setelah tag html yang berfungsi untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.
47. Body : Merupakan bagian utama dalam sebuah dokumen web. Pada bagian ini semua isi dokumen yang akan di tampilkan dalam browser harus dituliskan.
48. Bar : kolom pada desain web (template/blog) yang dipergunakan sebagai tempat sebuah fungsi.
49. Adressbar : bar pada sebuah browser yang berisikan/menampilkan alamat web (URL).
50. Toolbars : bar yang berisikan tool yang mempunyai fungsi tertentu dan berbeda.
51. Alexa: Sebuah perusahaan online yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sejumlah pakar masih meragukan keakuratan hasil kinerja Alexa.

Semoga bermanfaat dan menjadi panduan bagi para blogger pemula atau anak sekolahan atau siapa saja yang butuh akan informasi ini.

2 komentar:

arusbudi said...

@SUKSES ADALAH PILIHAN
menarik sekali, terima kasih sudah berbagi.

Mang uem said...

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

BISNIS DI INTERNET

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service