RSS Feed

Sunday, November 6, 2011

Mengapa Peringkat Sebuah Blog Turun ?

mengapa peringkat web/blog turun

Tidak perlu panik atau apa, merupakan suatu hal yang wajar karena semua blogger pernah mengalami ini, dimana peringkat sebuah blog turun di SERPs (search engine rangking positions). Padahal semua tip dan trik telah digunakan. Sama saja dengan kehidupan manusia, kadang-kadang diatas kalau lagi mujur, kadang juga dibawah kalau lagi sial. Roda dunia pasti berputar. Blog ini juga pernah drop, namun Alhamdulillah pelan tapi pasti peringkat dari blog ini grafiknya semakin membaik. Apa sebenarnya penyebab dari sebuah blog peringkatnya drop ? Berikut beberapa alasan logis yang menjadi faktor penyebab peringkat sebuah web/blog turun :


1. Honeymoon Google Berakhir
Honeymoon Google adalah istilah untuk fenomena di mana sebuah web/blog baru menikmati peringkat tinggi untuk waktu singkat sebelum jatuh ke peringkat yang lebih realistis.

2. Efek Google Sandbox
Awal-awalnya sobat dapat menikmati peringkat bagus karena bulan madu atau fenomena lain untuk sementara, tapi setelah itu sobat yang jatuh di kotak pasir (sandbox) yang bisa diartikan sebagai ujian untuk web/blog baru dan belum terbukti/teruji. Dalam hal ini sobat harus tetap menggunakan kata kunci dengan kompetisi yang rendah, menciptakan konten-konten yang baru, dan mencari backlink berkualitas untuk membuktikan nilai blog sobat ke Google. Hal ini akan membuat sobat keluar dari efek sandbox lebih cepat.

3. Algoritma Pembaruan / Tautan Hilang
Search engine terus-menerus memperbarui algoritma mereka dan menentukan mana halaman berperingkat untuk sebuah kata kunci pada halaman hasil mesin pencari dalam rangka untuk menjaga hal-hal yang baru dan fresh, juga untuk memastikan bahwa konten terbaik disimpan di peringkat teratas. Walaupun web/blog sobat tidak secara langsung terpengaruh oleh update algoritma, namun sebuah web/blog lain  yang mendapatkan banyak link dari blog sobat akan dapat mengurangi jumlah link blog sobat yang sudah dimiliki, sehingga peringkat blog sobat kemungkinan akan turun.

4. Malware
Jika web/blog sobat adalah korban dari malware, Firefox dan Google dan browser lain yang mendeteksi malware pada blog sobat, akan memberitahu dan memperingatkan setiap pengunjung potensial di SERPs yang mengklik pada halaman sobat sebelum mereka benar-benar mengakses web/blog sobat tersebut. Sangat sedikit orang yang akan melanjutkan melihat blog sobat setelah melihat peringatan seperti. Ini dapat menghalangi tidak hanya pengguna internet biasa, tapi webmaster lain yang berpotensi memberikan link atau bahkan para blogger yang telah sudah terhubung (link) dengan blog sobat. Hal ini jelas memiliki efek buruk tidak hanya pada traffic, tapi peringkat sobat dalam waktu yang relatif singkat. Banyak layanan-layanan untuk menangani sebuah web/blog yang terinfeksi malware dan menghapusnya. Sebagai contoh google webmaster tool.

5. Masalah Server
Jika Google tidak dapat mengakses server sobat karena masalah dengan hosting, ini dapat menyebabkan masalah jika dibiarkan selama periode beberapa hari. Sering-seringlah kunjungi blog sobat sendiri.

6. Robot.txt berkas bermasalah
Pastikan sobat tidak memiliki kesalahan apapun di robot.txt sobat yang mungkin melarang crawler mesin pencari untuk mendapatkan akses ke halaman tertentu dari web/blog sobat. Pastikan sobat blokir URL yang sobat kurang sukai.

7. Hukuman
Web/blog sobat bisa saja dihukum tanpa sobat menyadarinya jika sobat melanggar aturan Google. Hindari menggunakan teknik black SEO untuk memastikan bahwa sobat tidak dikenakan sanksi.

8. Links Rusak
Link yang rusak dapat menyebabkan masalah serius, terutama jika itu link internal yang menonjol di web/blog sobat. Penanganannya dapat memakan waktu dan tidak mungkin untuk memeriksa setiap link sobat secara manual, sobat bisa menggunakan Broken Link Checker gratisan seperti
http://linkchecker.submitexpress.com/. Sobat juga bisa gunakan google webmaster tool untuk menghapus link yang rusak.

9. Duplikat Konten
Search engine seperti Google membenci duplikat konten. Hal ini tidak hanya menjengkelkan penulis pertama sebuah artikel namun juga Google, yang ketika menemukan duplikat konten dalam dua atau lebih lokasi secara online. Google akan menentukan mana yang merupakan konten asli yang benar, dan mungkin tidak selalu web/blog sobat yang mendapat kredit, terlepas dari apakah sobat yang menempatkan konten di web/blog sobat terlebih dahulu atau tidak, sehingga ini dapat memiliki efek buruk pada peringkat sobat dan sangat-sangat merugikan. Untuk melihat apakah seseorang telah menyalin konten sobat tanpa izin sobat, gunakan pencarian gratis di http://www.copyscape.com.

10. Google Dance
Dance Google mengacu pada fenomena halaman secara acak melompat sekitar tempat yang berbeda di SERPs, kadang-kadang secara drastis. Dari semua alasan ini, yang satu ini adalah yang paling dapat diterangkan dengan jelas dan rasional. Jika tarian Google ini berlaku pada web/blog sejenis dengan blog sobat dan peringkatnya turun, maka berita baiknya adalah bahwa blog sobat yang justru akan kembali ke peringkat lebih tinggi dengan segera. Ini hanya berlaku secara random/acak dan fluktuatif/berubah-ubah, biasanya tidak berlangsung lama.

Pada akhirnya semuanya tergantung sobat. Tetaplah berusaha untuk mencari baclink yang baik dan berkualitas ke blog sobat. Karena hanya dengan itu sobat dapat meningkatkan peringkat web/blog sobat dan mempertahankan kepemimpinan sobat di Top 10 Google dan mesin pencari lainnya.

2 komentar:

zoftartikel said...

nice share .gan

Reza Umami said...

Artikel yang sangat bagus.Thanks

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

KOMISI FACEBOOK