RSS Feed

Thursday, April 28, 2011

10 Tip Trik Traffik Blog

tip trik taffik blog
Meningkatkan sebuah traffik adalah hal penting yang harus sobat kerjakan setelah sobat membuat blog. Logika sederhana adalah sehebat apapun blog yang sobat bikin gak akan gunanya jika tidak ada yang pengunjung. Terdapat beberapa tip-tip sederhana bagaimana meningkatkan traffik blog sobat. Berikut ini tips-tipsnya :
1. Gunakan nama domain yang mudah diingat.
Jika sobat ingin meningkatkan traffik, usahakan untuk memiliki nama domain sendiri. Misalkan namasobat.com atau namasobat.org bukan namasobat.wordpress.com, namasobat.blogspot.com atau namasobat.domaintertentu.com. Usahakan untuk memiliki sebuah domain sendiri. Namun ini adalah sebuah pilihan, karena tentunya jika sobat ingin memiliki nama domain sendiri, sobat harus membeli sebuah domain berbayar. Kalau sobat memang masih belum bisa membeli sebuah domain berbayar, sobat bisa menggunakan trik lain, yaitu jangan gunakan nama yang panjang. Para pengunjung cenderung lebih mengingat nama yang pendek dan mereka akan lebih suka berkunjung ke situs yang memiliki nama yang pendek. Jangan biarkan mereka lari hanya karena nama blog yang terlalu panjang.
2. Tulislah artikel-artikel pilar.
Adalah artikel-artikel yang berfungsi sebagai sebuah pilar/penyangga traffik blog sobat. Artikel-artikel ini biasanya sebuah artikel yang bertipe list/daftar, contoh 10 PTC Terbaik Indonesia, 6 Cara Mencari Referral, 10 Tips Meningkatkan traffik, Definisi Internet Marketing, Pengertian Paid to Click dan sejenisnya. Tipe-tipe artikel seperti itu akan menarik traffik bagai magnet menarik jarum, karena orang-orang akan selalu mencari artikel-artikel seperti ini. Orang-orang selalu butuh informasi tentang definisi dari suatu hal, atau 10 daftar terbaik untuk bla..bla.. atau sejenisnya.
3. Rajinlah mengupdate postingan
Salah satu tips terpenting untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog sobat adalah dengan sering-sering menulis. Orang akan senang berkunjung ke blog sobat jika mereka selalu mendapatkan sebuah artikel yang baru, yang fresh, yang segar. Mereka tidak akan suka, bahkan kecewa, jika datang ke blog sobat dan hanya disuguhi artikel-artikel yang lama. Minimal 2-3 hari sekali harus ada sebuah artikel baru.
4. Seringlah berkomentar
Untuk mendapatkan traffik ke blog sobat, salah satu cara lainnya yang bisa dipergunakan adalah dengan sering-sering berkomentar di blog orang lain. Pada saat sobat menuliskan komentar di blog orang lain, tentu sobat akan dimintai URL (alamat) dari blog sobat. Dari sanalah traffik akan datang.
Pastikan sobat memasukkan URL blog sobat dengan benar, atau URL posting blog yang ingin sobat promosikan dengan benar. Efeknya kecil, tapi patut dicoba. Bukankah sobat bisa sharing dengan sesama blogger.
5. Gunakan Feedburner
Untuk meningkatkan traffik ke blog sobat, salah satu tips lainnya yang bisa sobat lakukan adalah dengan memanfaatkan jasa dari feedburner.com. Manfaatkan jasa gratis dari feedburner.com untuk meningkatkan jumlah pembaca RSS dari blog sobat, atau bahkan untuk memfasilitasi para pembaca yang ingin menikmati blog sobat via email.
6. Submit artikel sobat ke Social Bookmark
Submit artikel sobat ke berbagai layanan social bookmarking seperti delicious, digg atau technorati untuk meningkatkan traffik sobat. Setiap kali ada orang melakukan searching sebuah topik yang sesuai dengan artikel yang sobat submit ke situs-situs tersebut, sobat berkesempatan untuk mendapatkan tambahan traffik pengunjung secara free.
7. Optimasi SEO
Dapatkan banyak traffik gratis lainnya dari SEO!
Pelajari SEO (tidak dijelaskan di artikel ini) dan aplikasikan untuk blog sobat, dan bahkan untuk halaman-halaman di blog sobat. Traffik dari SEO ini sangat berkualitas dan targetted, serta 100% free.
8. Buat artikel yang sedang “in” (populer)
Sebuah trik sederhana yang bisa membuat blog sobat mendapat kunjungan berlimpah adalah dengan membuat posting dengan judul (dan isi) yang bersangkutan dengan sebuah hal yang sedang menjadi trend di masyarakat. Dengan menulis artikel yang terkait dengan sebuah event yang sedang populer, sobat bisa jadi menarik banyak link dari blog lain atau bahkan menempati posisi yang tinggi di search engine untuk keyword terkait artikel berita tersebut ( karena belum ada blog lain yang membahas). Ujung-ujungnya, traffik sobat bisa meningkat drastis.
9. Bertukar link
Cara lama namun jangan diremehkan. Bertukar link walau terlihat kuno, tetapi saya buktikan sendiri bahwa hal ini sangat efektif. Sebuah blog bisa mendapat beberapa puluh bahkan ratusan pengunjung baru dalam sehari hanya dari hasil bertukar link dengan banyak blog lainnya. Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil.
10. Memasang iklan
Sebagai cara terakhir, jika memang sobat tidak berbakat dalam melakukan berbagai promosi yang gratis, atau sobat butuh hasil instant yang biasanya tidak bisa dicapai melalui traffik yang gratis, saran saya adalah memasang iklan. Sobat bisa gunakan iklan-iklan gratisan selain itu sobat juga bisa menggunakan berbagai sarana iklan, mulai dari PPC TExt, hingga banner-banner. Mulai dari jaringan yang khusus menangani iklan seperti Google Adwords dan KumpulBlogger atau iklan di blog-blog pribadi orang lain. Cara yang terakhir ini jujur saja agak mahal, kecuali iklan gratis. Tapi kalau sobat bisa memanfaatkannya dengan baik (memutar traffiknya menjadi uang), tidak jadi masalah. Tidak ada ruginya beriklan beberapa ribu jika mendapat hasil beberapa juta.

Dari 10 cara tersebut, mudah-mudahan traffik dari blog sobat meningkat.
Selamat Mencoba, Semoga Sukses........

6 komentar:

Aditya Gunantoro said...

tips nya bagus gan,trims

arusbudi said...

@Aditya Gunantoro
Monggo diterapkan Gan !

Futurixus said...

hackerfact.blogspot.com gan

istiana said...

tenkyu infonya
http://ruangbisnisonlineku.blogspot.com/
http://bermuaradihati.blogspot.com/

arusbudi said...

@istiana
sama-sama sist,,,,,,,!!!!!

Obat Kuat Alami said...

nice info gan...

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

BISNIS DI INTERNET

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service