RSS Feed

Tuesday, November 22, 2011

Zona Link Pada Blogger

zona link pada blogger
Bagi yang suka tukeran link/link exchange, utamanya blog-blog yang berplatform blogspot tentunya harus diperhatikan dulu cara meletakkan sebuah link yang benar. Utamanya pengaruh SEO (search engine optimation) dan pagerank google blogsobat. Sebuah wawasan saja tentang zona-zona link di blogger. Tentunya juga akan sangat berguna para advertiser atau para pengiklan yang ingin beriklan di blog berplatform blogspot.
Zona link di blogger tersebut adalah sebagai berikut :
I. Zona sidebar
Adalah link yang berada di bagian kolom sidebar. Baik itu sisi kanan/kiri postingan, zona link ini pengaruhnya paling besar yaitu 50 %.
Pengaruhnya ke Pagerank Google :
1. Blog yang berlainan topik/judul blog berbeda :
a. Sangat signifikan atau baik buat blog/web lain yang menginginkan PR bertambah. 
b. Sementara untuk blog/web yang jadi tempat dimasukkan link blog lain :
- akan kejatuhan PR jika tidak saling menautkan/link exchange jika PR blog/web bernilai sama.
- Sementara kalau blog sobat dan blog lain berbeda PR misal blog sobat PR 1 dan blog lain PR 0 atau N/A maka otomatis PR blog sobat akan jatuh kalau sobat masang link blog lain, kecuali jika backlink yang mengarah ke blog sobat itu banyak maka sama sekali tidak berpengaruh.

2. Blog yang satu topik/judul blog sama :
a. Sangat signifikan atau baik buat blog/web lain yang menginginkan PR bertambah. 
b. Blog yang jadi tempat dimasukkan link blog lain akan kejatuhan PR jika tidak saling menautkan/link exchange.
c. Jika blog sobat dan blog lain berbeda PR misal blog sobat PR 1 dan blog lain PR 0 atau N/A itu tidak masalah kalau sobat bertukar link selama blog sobat satu topik dan range/jarak nilai PR itu tidak lebih dari 1.
Contohnya untuk link exchange blog yang setopik yang tidak masalah justru akan saling menguatkan :
Antara Blog yang berjudul Bisnis Online PR 1 dan Blog yang berjudul Bisnis Online PR 2.
Antara Blog yang berjudul Tips Blogging PR 2 dan Blog yang berjudul Tips Blogging PR 3.

Pengaruhnya Ke SEO :
Bagi Blog yang sama judul blognya maka saling menguatkan di SERP (search engine rangking position) sementara bagi blog yang berlainan topik akan saling menjatuhkan posisi di SERP (sama - sama jatuh).

II. Zona dalam postingan
Link di zona dalam postingan adalah link yang berada di bagian dalam postingan. (Ini zona link yang cukup berpengaruh = 35% ).
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan SEO (judul postingan harus sama atau paling tidak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuma kadarnya 30% saja.

III. Zona komentar
Link di zona komentar adalah link yang berada di bagian dalam kotak komentar. Bisa di judul sang komentator atau bisa juga dalam isian komentar dengan catatan kolom komentar bertipe dofollow (Ini zona link yang sedikit berpengaruh = 10% )
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan SEO (judul postingan harus sama atau paling tidak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuma kadarnya 10% saja.

IV. Zona footer (bawah postingan)
Link di zona footer/bawah postingan adalah link yang berada di bagian bawah postingan/bagian bawah data:post.body (post-footer). Secara kasat mata letaknya di bagian letak tulisan diposkan oleh [...] (Ini zona link yang sedikit berpengaruh = 5% )
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan SEO (judul postingan harus sama atau paling tidak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuma kadarnya 5% saja.

Silahkan gunakan sebaik - baiknya sesuai dengan apa yang sobat inginkan. Kalau sobat ingin meningkatkan PR maka berkomentarlah (blog do follow) atau tukeran link pada blog yang menjadi target sobat. Kalau tujuannya SEO maka carilah blog yang sejenis dengan blog sobat. Tapi kalau blogging hanya sekedar untuk bersenang-senang seperti saya, perbanyaklah teman sesama blogger guna menambah wawasan, jangan memandang PR sebuah blog atau tujuan-tujuan lain seputar SEO.

2 komentar:

Gadget Komputer Murah said...

Kalau backlink dari situs social bookmarking pengaruhnya berapa persen? Selama ini banyak pakar internet marketing menganjurkan untuk membangun backlink melalui situs social bookmarking. Tapi saya belum tahu seberapa besar pengaruhnya. Hanya saja blog saya cepat terindeks.

arusbudi said...

@Gadget Komputer Murah
Sebenarnya pertanyaannya agak menyimpang, karena pada artikel diatas, fokusnya adalah meletakkan link pada blog platform blogspot untuk memaksimalkan backlink. Namun saya akan coba jawab, tentunya pengaruhnya besar sekali,kalau dihitung persen kira-kira 100 % gitu.Walaupun sebenarnya dikalangan blogger sendiri, backlink dari situs sosial bookmarking masih menjadi perdebatan. Namun faktanya, website/blog memang akan cepat terindeks jika sobat join pada banyak situs social bookmarking.

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

BISNIS DI INTERNET

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service