Hal yang perlu diingat adalah jika membicarakan tentangtraffik sebuah blog, sebenarnya juga dapat digunakan untuk mencari referral,
yaitu dengan menggunakan link referral pada bisnis online yang sobat jalani. Hal
itu dilakukan jika sobat tidak memiliki web/blog. Bahkan jika memang sobat
pernah memposting sesutu pada forum yang sobat ikuti, postingan pada forum
tersebut juga dapat sobat promosikan. Tentunya sobat pernah melihat sebuah
postingan pada sebuah forum diiklankan. Banyak cara yang dilakukan para netter
untuk menaikkan traffik blognya. Salah satunya adalah dengan beriklan. Yang
menjadi permasalahan adalah dimanakah tempat untuk menempatkan iklan sobat.
mungkin dengan memanfaatkan situs-situs PTC bisa menjadi salah satu alternatif
cara yang cukup efektif. Namun sebelum melakukan dan mencobanya, Sobat dapat
mempertimbangkan keuntungan dan kekurangannya, seperti penjelasan dibawah ini,
yaitu :
Kelebihan Beriklan Di Situs PTC
Dibandingkan dengan metode pengiklanan biasa yang berdasarkan
satuan waktu pemasangan/tayang misalnya 1 bulan atau 1 tahun tidak
memperhatikan iklan diklik atau tidak, keuntungan program PTC bagi pengiklan
klik tentunya lebih efektif dari segi biaya, karena mereka hanya membayar kalau
iklannya diklik/dilihat. Selain itu mereka juga bisa memilih paket yang sesuai
dengan budget yang tersedia, apakah 100 visit, 500 visit bahkan sampai 100.000.
Biasanya biaya per klik akan lebih murah kalau membeli paket yang jumlah
visit-nya lebih tinggi. Program PTC dapat mendorong orang, terutama para member
untuk lebih aktif mengunjungi dan melihat iklan-iklan yang terpasang.
Kekurangan Beriklan Di Situs PTC
Kekurangan Beriklan Di Situs PTC
Kelemahan mengiklankan produk/website/blog di situs PTC adalah
nilai konversi/jualnya rendah, iklan belum tentu dibaca oleh target market,
karena para kliker utamanya member PTC hanya fokus pada rate iklan untuk
mendapatkan bayaran. Selain itu para kliker belum tentu calon konsumen yang
akan menghasilkan transaksi bisnis. Kalau sobat mengiklankan di suatu media,
misalnya koran atau majalah mereka mempunyai profil pelanggannya, apakah dari
segi demografi, usia, pendidikan, jenis kelamin, penghasilan, dan sebagainya.
Dengan itu sobat bisa memilih produk yang sesuai dengan pasar tersebut. Sampai
saat ini belum ada situs PTC yang menyajikan data statistik pelanggannya.
Untuk memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kekurangan
beriklan pada PTC, berikut tip-tip memasang iklan pada PTC :
1. Jumlah member.
Minimal jumlah member PTC yang baik untuk memmasang iklan
adalah 1000 member, lebih banyak lebih baik karena ini berhubungan dengan
jumlah klik yang sobat harapkan.
2. Jumlah klik iklan.
Belilah iklan dengan jumlah 900-1000 klik. Inilah mengapa
pada tip diatas sobat harus mencari PTC dengan jumlah member minimal 1000
member. Peluang konversi iklannya juga bisa meningkat.
3. Teliti saat memasang iklan.
Perhatikan petunjuk-petunjuk dengan teliti saat memasang
iklan, yang paling sering ceroboh adalah perlu tidaknya alamat URL iklan
menggunakan http:// atau tidak. Selain itu perhatikan juga judul, deskripsi, dan
kategori iklan. Untuk member PTC yang bersangkutan hal ini tidak begitu
bermasalah karena pasti iklan sobat akan diklik, kategori iklan yang tepat akan
mendatangkan klik iklan dari non member.
4. Pantau terus iklan.
Sering-seringlah dicek iklan sobat, terutama link situs yang
sobat iklankan tersebut masih aktif atau tidak, jika memang sudah rusak segeralah
diganti. Efektiflah dengan uang yang telah sobat keluarkan.
Dari semua itu, semuanya tergantung sobat sebelum memutuskan
untuk beriklan pada PTC atau tidak. Beriklan pada PTC akan lebih mudah jika
sobat menjadi member pada PTC karena klik iklan yang sobat hasilkan dapat
di-convert menjadi iklan. Artinya sobat sebenarnya tidak perlu mengeluarkan
uang dari saku sobat untuk beriklan.
0 komentar:
Post a Comment