RSS Feed

Thursday, March 22, 2012

6 Hal yang tidak boleh dilakukan blogger

jangan lakukan saat ngeblog
Hanya satu hal yang disenangi pengunjung blog, yaitu mereka dapat menemukan artikel yang mereka cari dan tidak terganggu untuk membaca dan memahami artikel tersebut. Blog yang ramai dikunjungi adalah karena pengunjung melihat adanya manfaat yang bisa didapat dari artikel-artikel yang ditulis pada sebuah blog dan mereka dapat dengan tenang membaca artikel-artikel tersebut. Kondisi tersebut dapat berubah seketika karena adanya beberapa ganguan/masalah. Permasalahan yang sering muncul pada blog umumnya adalah banyak tautan yang hilang, banyaknya iklan yang tidak wajar dan mengganggu hingga tampilan blog yang buruk. Sehebat apapun artikel sobat namun banyaknya faktor-faktor yang membuat pengunjung blog tidak nyaman akan berpengaruh fatal pada sebuah blog.
Berikut beberapa hal yang harus sobat hindari pada sebuah blog :
1. Desain yang buruk
Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika sobat mendesain tampilan sebuah blog. Tentunya tidak akan sama antara blogger satu dengan blogger yang lainnya. Setiap blogger mempunyai karakter masing-masing. Namun yang terpenting pikirkan jumlah yang seimbang antara konten, gambar, teks dan iklan. Konten adalah hal yang harus berjumlah lebih banyak ketimbang hal yang lainnya, gambar jangan berlebihan. Pada saat seseorang datang berkunjung pastikan mereka akan menemukan konten dengan mudah dan tidak bertele-tele seperti harus mengisikan buku tamu apalagi harus melakukan klik pada sebuah iklan terlebih dahulu. Cukup fokus pada hal-hal penting yang seluruhnya bermanfaat bagi pengunjung blog sobat. Penggunaan warna teks dan latar belakangnya juga diperhatikan.
2. Terlalu banyak tombol media sosial
Menyebarkan informasi konten pada sebuah blog ke berbagai media sosial memang hal yang baik untuk ikut meningkatkan trafik kunjungan. Namun pastikan bahwa jumlah tombol tidaklah terlalu banyak dan tidak mengganggu navigasi halaman blog. Letakkan tombol media sosial hanya di satu tempat yang bisa dilihat dengan jelas. Buatlah tombol media sosial terlihat sederhana namun punya fungsi dan manfaat yang kuat.
3. Halaman yang tiba-tiba muncul dan memaksa
Tentunya sobat pernah melihat pada sebuah blog ada sebuah metode yang berkesan memaksa. Pengunjung dipaksa untuk melakukan sesuatu sebelum membaca isi blog. Biasanya berupa penawaran untuk berlangganan RSS, berlangganan newsletter, menyukai facebook pemilik blog dengan klik Like juga termasuk mem-follow twitternya. Boleh-boleh saja asalkan tempatkan saja form isian berlangganan RSS atau tombol follow twitter sobat pada lokasi yang tepat seperti pada bagian bawah tulisan ataupun dibagian atas sidebar.
4. Terlalu banyak iklan termasuk juga iklan yang mengganggu
Untuk yang menekuni bisnis PPC (Pay per Click) tidak ada larangan untuk memasang iklan pada blog dan tidak salah asalkan wajar dalam memasang iklan. Hanya saja jangan lupa, titik beratnya pada artikel/konten yang sobat tulis bukan iklan. Contoh penampakan iklan yang mengganggu adalah iklan pop up window, iklan yang menutup artikel blog, iklan yang berukuran jumbo, iklan yang mengikuti kursor (mouse), dan masih banyak lagi contohnya. Banyaknya iklan juga membuat loading blog lambat, hal ini juga akan membuat pengunjung tidak nyaman.
5. Banyak tautan yang hilang/rusak
Tautan/link yang hilang juga bisa menjadi faktor sebuah blog kehilangan pengunjung. Periksa kembali blog sobat, link-link dari layanan-layanan terkadang merubah/update layanan mereka sehingga link yang terlanjur sobat tulis pada artikel ternyata hilang/rusak, ini juga akan membuat pengunjung bete.
6. Membajak konten blog lain
Walaupun sebuah blog tidak ada satupun iklan yang tampil dan hal-hal yang mengganggu tapi bisa dipastikan blog sobat tidak bisa meraih traffik kunjungan yang signifikan. Secara teknis mesin pencari tidak akan melakukan indeks yang berarti..
Akhir dari bagian tulisan ini punya tujuan satu agar blog sobat ramai dikunjungi oleh banyak orang yaitu fokuslah pada konten yang unik dan tetaplah untuk menuliskan hal-hal yang baik dan bukan mengejar keuntungan semata tanpa memperhatikan apa yang diinginkan oleh para pembaca blog sobat.

1 komentar:

MuhaiminAbd said...

Saya paling sepakat dengan poin nomor 6 diatas....

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

BISNIS DI INTERNET

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service