RSS Feed

Monday, May 21, 2012

Tips-tips Efektif Mengirim Email

tips mengirim email
Menekuni bisnis online tak lepas dari bagaimana mempromosikan bisnis yang ditekuninya tersebut. Salah satu contoh alat promosi yang mudah cara kerjanya adalah melalui email. Siapapun yang ingin mengenal lebih jauh tentang dunia bisnis online, syarat utamanya adalah mempunyai email, baru kemudian mempersiapkan hal-hal lainnya. Email merupakah salah satu aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para profesional. Sobat tentu sering menggunakan email untuk berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja, klien, bahkan calon bos potensial jika sedang mencari pekerjaan. Membuat facebook, twitter atau lain sebagainya pasti hal pertama yang harus disiapkan adalah email. Inilah alasan mengapa email merupakan alat yang efektif untuk promosi. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang kurang teliti dan berhati-hati ketika menulis dan mengirimkan email, sehingga tak jarang membuat penerimanya merasa kesal bahkan tersinggung membacanya.
Inilah beberapa tips-tips efektif mengirim email :

1. Tulis judul baru setiap kali sobat memulai percakapan baru. Judul email berfungsi memberitahu penerima pesan mengenai isi email yang dikirimkan. Jangan sampai judul yang sobat tulis berbeda dengan isi pesan yang ditulis, karena hal tersebut dapat membuat bingung penerima pesan. Baris judul yang deskriptif membantu orang dengan cepat memindai inbox mereka untuk memutuskan pesan mana yang hendak dibaca pertama, dan juga membantu ketika ingin mencari pesan tertentu ketika percakapan berakhir.
2. Jangan gunakan email apabila ada media lain yang lebih masuk akal. Gunakan email hanya jika itu merupakan metode terbaik. Dalam budaya kerja, pesan instan (instant messenger) lebih populer dan praktis digunakan untuk percakapan yang membutuhkan feed back cepat. Jika sobat mengetahui bahwa kolega menghabiskan lebih banyak waktu di jalan sehingga lebih sering membaca pesan teks daripada email, lebih baik gunakan pesan teks untuk menjangkaunya.
3. Jika seseorang mengirimkan email untuk menanyakan sejumlah pertanyaan, latih diri sobat untuk membalas pesan secara inline, dengan menyisipkan jawaban sobat tepat di bawah setiap pertanyaan yang diajukan.
4. Jaga isi email agar tetap ringkas dan tepat sasaran. Gunakan kalimat secara efisien dan jangan bertele-tele agar tidak membingungkan penerima pesan.
5. Tanyakan penerima email apakah mereka lebih memilih sobat menyisipkan lampiran (attachment) atau memilih dituliskan di dalam tubuh email (inline). Banyak orang tidak suka menerima lampiran karena membuang-buang waktu. Oleh karena itu, ada baiknya bertanya cara mana yang mereka sukai apabila sobat harus bolak-balik mengirimkan email.
6. Hindari menggunakan sapaan akrab ketika menuliskan email yang berhubungan dengan pekerjaan. Sobat tentu ingin menjaga citra profesional sebaik mungkin di hadapan kolega.
7. Gunakan email pribadi untuk koresponden pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan baru. Jangan menggunakan email perusahaan tempat sobat bekerja.
8. Jangan berbagi alamat email dengan orang lain, misalnya pasangan, baik itu email pribadi maupun email bisnis.

 Semoga Bermanfaat !

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.....!!!!!!!!!

Tinggalkan jejak dengan berkomentar, saya akan sempatkan balas kunjung balik ke web/blog sobat semua. Blog ini telah diubah menjadi DO FOLLOW, jadi tidak perlu tukeran link. Cukup sobat berkomentar saja !

CARI UANG ONLINE,REKENING ONLINE,TRAFFIK BLOG

Popular Posts

Powered by Blogger.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

KOMISI FACEBOOK